RSS

Jelang Imlek, muda-mudi Vegetarian lakukan tradisi pembersihan patung Budha


Jelang Imlek 2568 di tahun 2017 ini, terdapat tradisi tahunan pembersihan patung Buddha, di Vihara Dharmakirti Palembang yang dimulai pada hari ini, Minggu (22/1). Pembersihan patung dilakukan oleh sekelompok muda-mudi umat Buddha ini pun menjadi sebuah tradisi yang secara turun temurun dilakukan dalam setiap perayaan Imlek sebagai sebuah makna pembersihan diri dalam menciptakan suasana baru di tahun yang baru pula.
Patung Budha2

Photonya Moehammad Tohir



Ada keunikan dalam tradisi pembersihan patung Budha ini, dimana sekelompok muda-mudi ini merupakan para Vegetarian dan harus melakukan puasa sebelum melakukan pembersihan.
Berdasarkan pantauan Seputarsumsel.com, sekitar pukul 1 siang muda-mudi ini pun mulai bekerjasama membersihkan patung-patung yang ada, termasuk bagian-bagian dari persembahan, seperti menyusun lilin teratai, menyediakan dupa, dan meletakkan bunga, yang merupakan bagian dari sepuluh persembahan kepada Buddha.
Wakil Ketua Yayasan Buddhakirti Vihara Dharmakirti, sekaligus Wakil Ketua Majelis Budayana Sumsel, Sukanto Muliawan mengatakan, tradisi ini biasanya dilakukan seminggu sebelum Imlek tiba, dan biasanya dilakukan oleh muda-mudi kaum vegetarian yang memang harus suci. “mereka biasanya harus berpuasa dulu sebelum melakukan pembersihan, hal ini menandakan mereka juga harus suci dalam menghadap Budha untuk dibersihkan agar menjadi berkah di pergantian tahun baru ini,” ungkapnya.
Patung Budha3

Photonya Moehammad Tohir



Menurut salah satu peserta pembersihan patung Budha di Vihara ini, Rafael, pembersihan ini dilakukan sebagai warisan yang sebelumnya sudah dilakukan oleh leluhur terdahulu. Bukan hanya saja Vihara, tetapi juga rumah kita sendiri agar dalam menyambut tahun baru ini kita lebih bisa lebih baik lagi, dibukakan kerahmatan dan rejeki, tambahnya.
Bukan hanya bagian patung saja yang dibersihkan, tetapi juga seluruh ruangan yang ada di Vihara, guna menyambut Imlek yang jatuh 28 Januari nanti. Menurut Sukanto, tradisi pembersihan ini biasanya selesai dalam satu hari, tutupnya. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar