RSS

Wah, Di Palembang Ada Posyandu Yang Bisa Dibayar Dengan Sampah

Seputarsumsel.com, Palembang - Pos pelayanan terpadu atau yang disingkat Posyandu, merupakan pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana. Saat ini, di kota Palembang sendiri terdapat lebih dari 1000 posyandu yang masih aktif. Bicara soal posyandu, ada yang menarik, nih, yakni posyandu yang dibayar pake sampah di Kota Palembang. Posyandu apa, sih yang dimaksud?.

Adalah Posyandu Lansia Junjung Biru yang berlokasi di Jalan Demak Kertapati Palembang. Posyandu yang sudah tiga tahun berdiri ini setiap bulannya dikunjungi puluhan lansia, yang datang membawa sampahnya masing-masing.

Ide ini terbilang unik. Betapa tidak, para lansia yang datang ke posyandu tersebut, membawa kantong berbagai ukuran yang berisi sampah.

"Kami tidak mengkhususkan berat sampah yang dibawa, yang penting sampah plastik atau non organik," kata salah satu petugas posyandu junjung biru, Syafitri. 

Ia juga menuturkan, terapan membawa sampah setiap kali ke posyandu, untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

"Selain itu, membayar dengan sampah tentunya meringankan beban masyarakat terutama para lansia," papar Syafitri.

Praktis, setiap bulannya posyandu ini ramai dikunjungi para lansia yang ingin memeriksakan kesehatannya. Salah satu lansia yang dibincangi Seputarsumsel.com, Nyimas mengatakan, ia rutin memeriksakan kesehatannya, karena posyandu ini dekat dengan rumahnya.

"Lagian kesini juga gak bayar, cuma disuruh bawa sampah," katanya.

Selain pelayanan kesehatan, para lansia di posyandu ini juga diberikan penyuluhan kesehatan gratis dan senam sehat bersama, agar para lansia tetap bugar. Ide membayar dengan sampah seperti ini patut kita apresiasi, ya guys. Selain lingkungan jadi bersih, meringankan beban dengan menyediakan kesehatan gratis juga sangat membantu masyarakat. Ada yang mau meniru?.(Nurul/17)

http://seputarsumsel.com/posyandu-lansia-yang-bisa-dibayar-pakai-sampah/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar