RSS

Melirik bisnis kain kiloan si Abah yang menguntungkan

Mau bikin seragam buat nikahan kamu? Atau mau coba-coba bisnis hijab? Kalo iya, kamu gak perlu khawatir dengan mahalnya harga bahan pakaian. Kamu tinggal meluncur ke kawasan Pasar Perumnas, tepatnya di Jalan Kampar Raya. Disini terdapat satu-satunya toko yang menjual bahan pakaian segala jenis dengan harga kiloan, yakni toko Abah Tekstil.

Pak Mahdi (52) atau yang biasa disapa Abah, sudah 8 tahun berjualan bahan kain kiloan ini. Memasok kain dari kota Bandung, abah konsisten berjualan kain kiloan sejak tahun 2004 silam. Toko Abah sendiri tidak terlalu besar, namun kalo kamu berkunjung kesini, kamu gak bakal kecewa karena stok bahan toko Abah Tekstil sangat banyak.

Semua jenis kain ada disini, antara lain, bahan Jersey, Velvet, Satin, Spandek, Sifon, SW, Baloteli, Brukat, Tile, dan masih banyak lagi. Termasuk bahan kebaya yang modenya selalu up-to-date. Untuk motif dan warna kain, Abah Tekstil sangat memanjakan pelanggannya. Banyak sekali pilihan warna dan motif yang tentunya sesuai dengan keinginan pasar.

Menurut Abah, saat ini kain yang sangat laris adalah bahan Diamond. “Bahan diamond banyak diborong tukang jahit, karena nyaman dipake buat hijab,” jelas Abah. Meski demikian, bukan berarti bahan kain lain tidak dilirik para pelanggannya. Sebut saja bahan BSW yang identik dengan motif beragam, juga tak kalah laku.

Abah juga menjelaskan, meski dikenal dengan sentra kain kiloan, ada beberapa jenis bahan yang juga dijual per meter. “Seperti bahan diamond ini, memang dari pusat dijual per meter, sehingga kami juga menerapkan hal yang sama,” katanya.

Untuk harga per kilo, hanya seharga Rp 95 ribu hingga Rp 180 ribu. Harga ini termasuk murah, karena dalam satu kilogram kain bisa sampai 8-10 meter kain, tergantung berat kain yang diinginkan. “Sedangkan untuk yang per meter, biasa kami jual seharga Rp 12 ribu hingga Rp 28 ribu saja,” ucap Abah kepada Seputarsumsel.com.

Harga Nego, Pilih Sepuasnya

Di toko Abah Tekstil, kamu cuma harus punya kejelian mata. Kenapa? Karena kita bisa milih sendiri bahan kain yang diinginkan. Cukup dengan membuka alas kaki, dan kamu sudah boleh ‘bergerilya’ sepuas hati di toko Abah.

Setelah puas memilih, maka bahan pilihan kamu bisa langsung dibawa ke timbangan yang udah standby di sudut toko. Untuk yang dijual per meter, kakak-kakak ganteng yang bantuin si Abah udah siap dengan guntingnya. Kamu bisa request langsung tanpa antri.

Menurut Abah, rata-rata bahan kain habis hingga 30 kg per hari, dan kain meteran bisa terjual paling sedikit 20 meter per harinya. “Toko buka dari pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore. Silahkan kalo yang pengen buat seragam kebaya, atau butuh bahan dalam jumlah banyak, saya kasih harga khusus,” ujar Abah yang tinggal di kawasan Kuto ini.

Kalo kamu berminat untuk melihat-lihat kain kiloan disini, bisa menjangkaunya dengan angkot Jurusan Pasar Perumnas dan berhenti di terminal. Dari sana bisa langsung menuju Jalan Kampar Raya, sekitar 500 meter sudah terlihat toko Abah Tekstil di pinggir jalan. (Nurul/17)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

CA mengatakan...

Pasokan kain dari Bdg di toko apa ya?

Evana La Tania Bunga Maharani mengatakan...

Wah boleh juga di bisnis,ikut belanja dong tuk dijual lagi di jateng

Posting Komentar